Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Minggu, 08 April 2012

Kuliner Depok : Ayam Bakar Christina


Nah, ini salah satu restoran tua dan tenar di kota Depok. Tidak lengkap rasanya bicara soal kuliner Depok tanpa menyebutkan tempat ini. Ketika saya pindah ke Depok tahun 1988, Rumah Makan Ayam Bakar Christina (RM. ABC) sudah lebih dulu berdiri semenjak tahun 1987. Pemiliknya adalah sepasang suami istri keturunan Cina yang berdomisili di daerah Depok 2. Keduanya sudah sepuh saya rasa dan bisnis rumah makan mestinya sudah diteruskan oleh anaknya.

Menu utama di restoran ini sudah jelas, ayam bakar. Citarasa ayam bakar Christina terkenal manis dan asin. Ini dikarenakan ABC tidak disajikan kering namun dalam kuah kecap yang encer. Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila daging dan kuahnya terasa asin. Asinya ini bercampur baur dengan rasa manis kecap, yang tidak akan membuat Anda kehausan. Dagingnya sendiri termasuk empuk. Katanya, daging ayamnya direbus dulu dan baru dibakar saat sudah dipesan. Pantas saja kalau daging ABC mudah dikoyak dari tulangnya, tanpa perlawanan sama sekali. Oh ya, jangan kaget kalau Anda mendapatkan warna ABC agak hitam. Itu bukan karena gosong melainkan karena kuah kecapnya. Selain ayam, ada menu lain seperti karedok, gado-gado, ayam goreng, ikan goreng, dan pepes jamur.

Harga di RM ABC termasuk bersahabat. Nasi dan ayam bakar dihargai Rp13.000,-. Ini cukup bersahabat buat kantong mahasiswa, paling tidak bisa makan di sana dua kali sebulan. Kalau ditambah pepes jamur dan teh manis, totalnya menjadi Rp19.500. Eh, pepes jamurnya kurang pas di lidah saya, tidak direkomendasikan. Tapi, ya urusan selera sih beda-beda yang buat tiap orang.

ABC sendiri sudah lebih dari dua dekade melayani orang Depok dalam urusan makan ayam bakar. Kalau dibuat papan hitungnya, mungkin sudah ratusan ribu paha ayam dikurbankan (red: berlebihan).Saya sendiri yakin hampir semua alumni UI dan Gunadarma pasti tahu restoran yang satu ini, tidak jadi soal apakah ia pernah indekos di Depok atau tidak. Ini dikarenakan restoran ABC adalah salah satu pelopor restoran berkelas pertama di kota Depok, bersama Bakmi Garuda (sayangnya sudah tutup, hiks sedih) dan Gudeg Miroso. Selain berkelas, harga yang ditawarkan juga murah. Jadi, ABC dengan sendirinya sudah menjadi bagian kota Depok. Nah, karena penggemar ABC sudah banyak, bahkan datang dari luar Depok, sekarang sudah berdiri cabangnya di Kelapa Gading. Kalau Anda tidak bisa datang ke Depok, ABC bisa juga dinikmati di KG sekarang ini.

RM ABC ini terletak persis di pinggir jalan Margonda Raya. Dari arah Lenteng Agung, restoran ini dapat dilihat di pinggir kiri jalan raya. Letaknya diapit warung sate dan restoran Bebek Tik Tok. Bangunan yang didiami restoran ini adalah bangunan lama yang sudah berdiri dari . . . ya tahun 1987 itu. Bentuk interior restoran dari dulu sampai sekarang juga tidak banyak berubah. Penanda restoran ini adalah papan nama kecil berwarna hijau dan logo ayam dengan warna sama. Selain ayam bakar, pemilik resto juga menyediakan menu Pem-pek serta jus buah, Jadi tunggu apa lagi? Ayo, kita ganyang ayam bakar di ABC, nyam nyam slurp.

Ayam Bakar Christina
Jl. Margoda Raya No. 420 Depok
Telp. 021 - 7863 789


Sumber : http://pesonakulinerdepok.posterous.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar