Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Selasa, 10 April 2012

Kuliner Jakarta : Soto Betawi Haji Amir


Tinggal di Jakarta membuat saya mengenal akan Soto Betawi, soto yang satu ini ada di mana-mana di ibukota metropolitan Jakarta. Tapi yang enak tentu saja tidak semua, nah salah satu yang direkomendasikan oleh orang-orang adalah Soto Betawi Haji Amir 21 yang terletak di Jalan Danau Sunter Utara Blok B 1A no 5, Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara.

Hari ini saya memang sengaja pergi ke Sunter untuk sarapan pagi dengan Soto Betawi Haji Amir ini. Dulu saya pernah melihat gerainya yang ada di bilangan Kelapa Gading, tapi nampaknya sudah tidak ada lagi, makanya saya pun pergi ke pusatnya yang berada di Sunter. Rumah makannya ada di sebuah ruko, sederhana tapi sangat rapi dan cukup bersih.

Di depannya ada bakaran untuk otak-otak, disini selain soto betawi juga ada sate kambing, nasi uduk, ayam goreng dan otak-otak. Berhubung yang terkenal disini adalah Soto Betawi-nya, maka kami pun hanya pesan sotonya, tapi hanya yang berisi daging, karena saya tidak suka jeroan.

Nah sambil menunggu saya nyemil otak-otaknya, cukup enak lho otak-otaknya. Ada perkedel juga, dari bentuknya saja sudah sangat menarik, dan ternyata perkedel yang terbuat dari kentang ini juga terasa enak di lidah, gurih dan sedap.

Tidak lama kemudian Soto Betawi yang saya tunggu-tunggu pun datang, dengan asap yang masih mengepul panas, he-he-he... makan soto memang lebih enak dalam keadaan panas. Saya beri perasan jeruk purut sedikit, supaya terasa lebih segar. Rasa kuah santannya memang sedap banget, meskipun menggunakan santan tapi tidak terasa berat, lezat dan gurih. Dagingnya nampaknya digoreng dan dipotong dadu, rasa dagingnya pun lembut. Mantap deh rasa soto betawi Haji Amir ini. Kuahnya lezat dan dagingnya pas.

Harganya pun cukup bersahabat, seporsi soto dagingnya hanya di bandrol Rp 19.000 saja. Otak-otaknya Rp 3.000 per buahnya.

Soto Betawi Haji Amir 21
Jalan Danau Sunter Utara Blok B 1A No 5
Sunter Agung Podomoro, Jakarta Utara
.

Sumber : travel.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar