Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Selasa, 17 April 2012

Kuliner Tangerang : Serabi


Sore-sore paling asyik ngemil serabi. Di tempat ini ada berbagai serabi dengan topping pisang bakar, colenak, toast bread, dan sandwich. Rasa gurih-gurih manisnya makin enak dinikmati teh susu tarik atau jus buah wajib. Nyam..nyam sedap!

Jajanan khas Indonesia ini sudah lama dikenal. Beberapa daerah seperti Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto punya ciri khas serabi yang berbeda. Karena alasan ini pemilik yang bekerja disalah satu bank swasta tertarik membuka kedai Soerabi Qita. Bapak Rudy, pemilik kedai sangat menyukai jajanan pasar khususnya serabi.

Terletak di deratan aneka toko di jalan Kisamaun kedai sederhana ini mudah dikenali. Ada lampu hias warna-warni dan wajan tanah liat berukuran kecil terjejer rapi di depan kedai. Spanduk bertuliskan Kedai “Soerabi Qita” terpampang di depannya.

Dibuka sejak November 2008 hingga kini kedai ini tidak pernah sepi pengunjung. Jejeran meja dan kursi plastik cukup nyaman tersedia untuk menikmati seporsi serabi. Serabi yang dibuat dari adonan tepung terigu dan tepung beras dimasak langsung saat dipesan.

Kalau dulu serabi atau surabi disajikan begitu saja atau dengan kuah santan yang dimasak denga gula merah, kini serabi disajikan dengan cara modern, mirip dengan sandwich. Tak ada salahnya sekali-sekali mencicipi jajanan tradisional dengan sentuhan baru ini.

Untuk memesan jenis serabi, tinggal pilih saja beragam topping yang tersedia. Ada topping oncom ayam telur spesial, ayam sosis telur keju special, cornet telur keju special, strawberry pisang cokelat special, nangka cokelat keju special,cempedak cokelat keju special. Isian pisang bakar dan toast bread tersedia berbagai pilihan. Semua menu yang diberi embel-embel special menjadi menu andalannya.

Untuk menikmati sore yang santai saya memesan segelas es teh susu tarik dan serabi strawberry pisang cokelat special dan ayam sosis telur keju special. Untuk serabi manis yang saya pilih topping vla manis agak kental.

Serabi yang berukuran sedang dan cukup tebal ini berisi, strawberry, pisang dan cokelat. Sentuhan akhir serabi ini adalah saus vla berwarna kuning dengan rasa manis dan sedikit gurih mentega. Aromanya gurih legit langsung tercium. Saat digigit langsug terasa tekstur serabi yang lembut halus dengan selingan asam strawberry dan legit pisang serta cokelat.

Topping asin yang saya pilih juga tak kalah menarik. Taburan ayam, sosis, dan telur ditutupi dengan saus mayonaise. Untuk sentuhan akhir taburan keju cheddar yang melimpah menutupi permukaannya. Rasa gurih, dan lezat dari isiannya sungguh menggoda lidah kita untuk mencicipinya lagi. Ditambah lagi teksturnya yang lembut hingga tak terasa serabi yang padat inipun tuntas di piring!

Ea teh tarik alias es teh susu gaya Malaysia yang dingin manis dan harum jadi pengiring santapan serabi hangat gurih ini. Untuk semua menu yang dipesan saya cukup membayar Rp. 25.500. Selain enak untuk dijadikan tempat nongkrong, tempat ini juga asyik buat ngemil di sore hari.

Kedai “Soerabi Qita”
Jl. Kisamaun no. 130
Tangerang-Banten
Telp. 021-96877060

Sumber : food.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar