Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Senin, 07 Mei 2012

Cake Cokelat Lapis Vla

TABLOID NOVA/AHMAD FADILAH

Bahan:
250 gr putih telur
150 gr gula pasir
120 gr tepung terigu protein sedang
25 gr cokelat bubuk
½ sdt baking powder
2 sdm susu cair
50 gr margarin, lelehkan
¼ sdt cokelat pasta

Bahan vla:
250 ml susu cair
½ sdt cream of tartar
50 gr gula pasir
30 gr tepung maizena, cairkan dengan 2 sdm air
1 bh kuning telur

Bahan taburan:
50 gr cokelat bubuk

Cara membuat:
1. Buat cake: kocok putih telur dan cream of tartar sampai 1/2 mengembang, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga mengembang.
2. Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata, tuangkan susu cair, margarin leleh, dan cokelat pasta sedikit demi sedikit sambil diaduk rata.
3. Tuangkan ke dalam tiga buah loyang bulat 22 cm tinggi 3 cm, yang sudah diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Panggang selama 30 menit dengan suhu 160 derajat Celcius. Angkat, dinginkan. Masukkan 1 buah cake ke dalam ring 20 cm.
4. Buat vla cokelat: aduk susu cair dan gula pasir, masak sambil diaduk sampai mendidih. Matikan api, tuang dua sendok sayur adonan ke dalam kuning telur, aduk rata, lalu masukkan lagi ke dalam panci. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Kentalkan dengan larutan tepung maizena. Masak sambil diaduk sampai meletup-meletup, angkat.
5. Selagi panas, tuang vla ke atas kue, tutup dengan cake lainnya, dinginkan. Hiasi atas cake dengan cokelat bubuk yang diayak.

Resep: Erwin Kuditawati
Uji Dapur: Klub Nova
Penata Saji: Theresia Firta Hapsari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar