Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Jumat, 30 November 2012

MANFAAT DAN KHASIAT PETAI CINA BAGI KESEHATAN


MANFAAT PETAI CINA BAGI KESEHATAN
Beragam suku dan bahasa menjadikan banyak sekali penyebutan nama terhadap tumbuhan ini. Lamtoro, petai cina, pete china, peuteuy selong, kemlandingan, kamalandingan atau melandingan dan mungkin masih banyak lagi. Petai cina adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun dimasukkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Oleh sebab itu agaknya, maka tanaman ini di Malaysia dinamai petai jawa. (wikipedia).

Petai cina mengandung kalsium, lemak, fosfor, zat besi, protein serta vitamin A, B1 dan C. Sementara bijinya mengandung mimosin, leukanin, protein dan leukanol. Efek farmakologisnya memiliki rasa agak pahit dan bersifat netral.
Tanaman ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, diantaranya sebagai obat kencing manis, obat cacing, peluruh urine, obat patah tulang, obat luka terpukul, obat sulit tidur atau insomnia, obat bengkak, obat radang ginjal dan obat disentri. Sedangkan akarnya dapat dimanfaatkan sebagai peluruh haid.

Obat Kencing Manis (diabetes melitus)

Sangrai biji petai cina yang sudah tua dan kering, kemudian ambil satu sendok makan dan campur dengan satu gelas air panas. Kemudian minum airnya satu gelas setiap hari.

Obat Cacingan
Tumbuk biji petai cina yang sudah tua dan telah di keringkan secukupnya hingga halus, kemudian ambil 5 gram bubuknya dan seduh dengan 100 cc air panas dan minum selagi hangat.

Obat Luka Baru dan Bengkak
Tumbuk halus daun petai cina secukupnya lalu ditempelkan pada luka.

Obat Luka Tertusuk Bambu Dan Serpihan Kayu
Tumbuk halus daun petai cina lalu ditambah terasi dapur secukupnya, aduk sampai merata kemudian tempelkan pada bagian yang sakit, kemudian dibalut dengan kain pembalut.

Disentri
Rebus 15 g biji lamtoro, 30 gram krokot dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian setelah dingin saring dan minum airnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar