Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Minggu, 09 Desember 2012

MAKANAN SEDERHANA MENGOLAH SISA ROTI TAWAR


KREASI MAKANAN SEDERHANA DENGAN MEMANFAATKAN SISA DARI ROTI TAWAR
Cara paling sederhana mengolah roti tawar adalah dengan memberi olesan mentega, ditaburi coklat meses atau bisa diolesi selai berbagai rasa. Tapi bagaimana dengan Sisa Roti Tawar yang masih menumpuk, sementara tanggal kadaluarsa sudah semakin mendekat. Memanfaatkan sisa roti tawar tidaklah susah, karena ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolahnya sehingga menjadi berbagai variasi makanan. Berikut beberapa tips dan cara praktis yang dapat anda terapkan :

1.  Olesi roti dengan margarin atau mentega. Potong sesuai selera. Taburi gula pasir atau gula palem. Panggang di oven hingga kering. Bila menginginkan rasa asin, Anda bisa taburkan keju bubuk dan cincangan seledri. Dinginkan roti sebelum disimpan dalam wadah kedap udara.
2.  Untuk variasi, ambil satu lembar roti tawar, tekan-tekan dengan tangan agar pipih dan padat. Siapkan bahan isi sesuai selera. Bisa sosis, pisang, atau coklat keju. Gulung roti dengan bahan isi di dalam, rekatkan pinggirnya dengan putih telur. Goreng sebentar sampai berwarna kecoklatan. Tiriskan.

3.  Keping Roti Wijen, Bentuk roti menjadi kubus, olesi dengan kuning telur, taburi dengan wijen, kemudian panggang dalam oven sampai berwarna kecoklatan.
4.  Batang Coklat, Potong roti tawar berukuran 10 x 2 cm, panggang dalam oven sampai kering, keluarkan lalu celup kedua ujungnya dalam coklat leleh. Bila suka, taburi dengan wijen.
  
5.  Garlic Cheese Bread ala Pizza hut, setelah diolesi butter/mentega, taburi bubuk garlic/bawang putih, beri sedikit cincangan seledri. Tambahkan irisan/parutan keju mozarella, panggang 10 menit atau sampai kerenyahan yang anda inginkan.

6.  Mangkuk Vla. Cetak roti tawar pada cetakan muffin, tekan-tekan dan dipanggang dalam oven selama 10 sampai 15 menit. Setelah dingin keluarkan dari cetakan dan siap diisi dengan vla. Untuk pemanis dan penambah rasa, hiasi dengan buah segar.
7.  Sate Pizza, Giling roti tawar sampai pipih lalu olesi dengan tumisan daging cincang, tambah keju bila suka. Tekan dan gulung hingga membentuk roll. iris setebal 1 cm, kemudian panggang dalam oven hingga berwarna kuning kecoklatan. Tusuk dengan garpu plastik seperti sate, sajikan dengan saus tomat atau sambal.
8.  Sandwich Pizza. Potong roti berbentuk segitiga lalu panggang hingga berwarna kekuningan. keluarkan dari oven, kemudian olesi dengan mustard, tambahkan irisan telur rebus, daun selada, irisan bawang bombai, daging asap, saus, cabai dan saus tomat.
9. Terakhir panggang saja sampai kering, lalu tumbuk hingga halus. Anda bisa menggunakannya sebagai ganti tepung roti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar