Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Selasa, 02 September 2014

Tips Membuat Tumpeng Spesial Part 2

Tips Membuat Tumpeng Spesial Part 2

Tumpeng memang makanan khas yang disajikan disaat - saat moment spesial, seperti ulang tahun, hajatan, atapun acara resmi lainnya. Seperti  pada artikel sebelumnya, Kami telah mengulas lengkap tentang Tips Membuat Tumpeng Spesial agar Anda dengan mudah membuatnya sendiri dirumah. Berikut akan Kami lanjutkan Tips Membuat Tumpeng Spesial Part 2. Semoga bermanfaat.

Kelima : Mengkukus Nasi
Kalo tidak menggunakan rice cooker, beras yang sudah diaron tadi, harus dikukus. Pengukusan harus cukup lama dan tanak. Jangan kurang dari 45 menit. Setelah matang, angkat nasi dan tempatkan ke dalam wadah yang agak besar. Bubuhi air jeruk nipis agar tumpeng terlihat mengkilat. Aduk sambil dikipasi sampai uapnya hilang.

Keenam : Mencetak Nasi
Mencetak nasi tumpeng harus di saat tepat. Kalau masih terlalu panas, tumpeng akan basah atau mengembun. Karena itu penting mengipasinya sampai uapnya hilang. Alasi loyang tumpeng dengan daun pisang lalu masukkan nasi ke dalamnya. Cara memasukkannya merupakan bagian tersulit dalam pembuatan tumpeng. Nasi harus agak ditekan agar kompak, tetapi tidak boleh terlalu padar agar tumpeng yang sudah dibuat dari nasi yang pas kelembekannya, malah menjadi mengeras. Kemudian biarkan nasi di dalam cetakannya agar terbentuk sempurna, tidak ada retakan apalagi pecah.

Ketujuh : Menata Tumpeng
Tumpeng di tata di dalam tampah yang sudah dialasi daun. Alasi tampah dengan lipatan daun pisang yang cantik. Balikkan tumpeng diatas daun. Loyang tak perlu diangkat agar nasi tidak pecah atau kering. Lauk pauk teman makan tumpeng sebaiknya diletakkan di dalam wadah dari daun supaya tidak saling menyatu dan tidak mengotori tumpeng, terutama lauk yang sedikit berkuah seperti sambal goreng ati.

Sebaiknya wadah - wadah  tadi tidak menggunakan stepler tetapi tusuk gigi agar lebih aman. Wadah juga harus dibuat cukup tebal agar isi tidak bocor. Setelah selesai di hias, loyang tumpeng bisa diangkat atau dilepaskan. Buat pembungkus puncak tumpeng. Lalu tutup tumpeng dengan plastik lebar.Itulah fungsi pembungkus puncak tumpeng agar tidak patah ketika dibungkus plastik. Karena bagian puncak ini sangat penting dalam ceremonial. Kalau lauk pauk tidak cukup tempatnya, pisahkan saja di pinggan atau buat dalam wadah daunnya. Ketika habis tinggal mengganti dengan wadah baru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar