Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Senin, 01 September 2014

Tips Membuat Tumpeng Spesial Part 1

Tips Membuat Tumpeng Spesial Part 1

Tumpeng terlihat seperti makanan yang sulit dibuat. Sebetulnya yang membuat kita melihatnya sebagai sesuatu yang sulit itu, berasal dari lauk - pauknya yang banyak. Untuk nasinya, kalau tahu caranya, pasti menghasilkan nasi tumpeng yang oke punya. Berikut kami ulas  lengkap tentang tips membuat Tumpeng Spesial. Selamat menyimak.

Pertama : Memilih Beras 
Tumpeng yang enak dibuat dari beras yang pulen. Bera yang pulen membuat tumpeng lebih kompak. Berbicara soal kompak, banyak orang membuat tumpeng dengan tambahan sedikit ketan. Itu pun boleh - boleh saja. Pilih ketang yang butirannya panjang. Baik beras maupun ketan harus dicuci bersih sampai air cuciannya bening supaya tumpeng bisa bertahan lama, mengingat tumpeng tak pernah dimakan langsung selagi baru jadi.

Kedua : Menguningkan Beras
Tumpeng ada yang kuning ada pula yang putih. Yang kuning dibuat dengan tambahan kunyit. Kunyit bisa diparut halus lantas direbus bersama santan, setelah itu disaring. Selain itu dapat dilakukan dengan cara merendam beras ke dalam air yang sudah dibubuhi air kunyit ( parutan kunyit diperas ).

Ketiga : Membuat Santan
Santan untuk tumpeng tidak harus kental sekali, cukup sedang - sedang saja. Mengingat nasi tumpeng akan disantap bersama berbagai lauk sehingga kalu terlalu kental dan gurih rasanya, akan terlalu neg. Kalau  menyukai tumpeng yang sedikit manis, coba peras kelapa bersama air kelapa, bukan air biasa. Dan santan sebaiknya direbus dahulu supaya lebih awet dan tahan lama.

Keempat : Memasak Beras
Beras atau beras bersama ketan yang sudah dikukus bisa direbus dahulu di dalam santan sambil diaduk hingga santan mengental. Agar lebih harum, pengaronan bisa dilakukan dengan menambahkan daun salam, serai, cengkeh, dan pandan. Perbandingan santan dan beras tergantung dari karakter berasnya. Ada beras yang harus ditambahi air banyak, ada pula yang sedikit air. Gunakan beras yang Anda kenal. Namun pada umumnya jumlah air yang digunakan adalah 1 1/2 kali beras.

Sekarang setelah ada rice cooker, kita bisa membuat nasi kuning di dalam rice cooker. Dalam hal ini Anda tinggal mencampur beras atau beras dan ketan, santan, dan bumbu dedaunan tadi di dalam rice cooker. Biarkan matang. Yang perlu diperhatikan, kadang kalau membuat dalam jumlah banyak, nasi tidak bisa matang sempurna. Maka untuk mematangkannya, Anda bisa mengukusnya kembali selama 5 - 10 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar