Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Rabu, 04 November 2020

Resep Sup Sarang Burung Walet Enak


Banyaknya yang budidaya di Indonesia tak lantas membuat sarang burung walet menjadi makanan yang bisa disantap semua orang. harganya yang mencapai puluhan juta perkilogram tentu cukup membuat banyak orang yang berpikir ulang untuk membelinya. namun sebenarnya apa yang membuat mahal dari sarang burung ini?

Beberapa sumber seperti realfood.co.id selaku produsen minuman sarang walet pun menyebutkan sarang burung walet memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti misalnya antioksidan, kolagen dan asam amino yang berguna dalam meregenerasi sel-sel tubuh, mencegah keriput dan penuaan diri. Manfaat sarang burung walet inilah yang membuat masyarakat Tiongkok dikenal rajin mengkonsumsi sup sarang burung walet bahkan sejak Dinasti Ming.


Bahan-bahan:

  1. 1 keping sarang walet yang sudah dibersihkan
  2. Gula batu
  3. Air matang
  4. Buah segar seperti anggur, strawberry atau goji berry


Cara membuat minuman burung walet:

  1. Siapkan sarang burung, kemudian cuci bersih. Terkadang masih ada bulu yang menempel sehingga pastikan sarang dalam kondisi bersih sebelum anda mengolah lebih lanjut.
  2. Rendam sarang burung dalam sebuah wadah atau baskom. Gunakan air bersuhu normal jangan menggunakan air es apalagi air panas agar tidak merusaknya.
  3. Selang 2 jam, sarang walet yang direndam akan mengembang. Jika dirasa sudah cukup mengembang, bisa anda angkat dan mulai tiriskan.
  4. Siapkan sebuah panci berisi 400ml air, didihkan.
  5. Masukkan gula batu, anda bisa menentukan seberapa banyak yang akan anda gunakan. Namun, hindari penggunaan gula yang terlalu banyak mengingat akan merusak rasa dari sarang walet itu sendiri.
  6. Ketika gula sudah larut sempurna, kecilkan api kompor dan masukkan sarang burung yang ditiriskan sebelumnya selama 2-5 menit agar anda masih bisa merasakan tekstur dan rasa khas dari sarang walet itu sendiri.

Pada prakteknya ada dua jenis sup sarang walet yang sering dibuat. Resep Pertama adalah tanpa menambahkan bahan lainnya (seduhan). sedangkan resep lainnya layaknya resep sup pada umumnya yang dicampur dengan bahan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar