Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Kamis, 01 Maret 2012

Kuliner Surabaya : Lezatnya Rawon Pak Pangat

Siapa yang tidak kenal Rawon. Makanan berkuah disertai daging yang disajikan dengan nasi.

Rawon bukan lagi makanan aneh bagi warga Surabaya. Tak heran bila begitu banyak yang ketagihan makanan berkuah hitam ini. Padahal, variasi rawon dari hari ke hari ya itu-itu saja, variasi hidangan selalu sama, sebagaimana rawon-rawon kebanyakan. Kuah hitam, empal sapi, perkedel, telur asin, tempe goreng, juga taburan kecambah dan bawang goreng.

Tetapi ada yang istimewa di “Rawon Pak Pangat”. Depot yang kini hadir di Ruko Lotus Jl. Ketintang Baru Selatan 1/15 Surabaya ini terkenal lezatnya.

Depot tersebut sebenarnya merupakan cabang Rawon 'Pak Pangat' yang sangat terkenal di dalam kompleks Pasar Wonokromo Surabaya, sekarang DTC (Darmo Trade Centre) Surabaya.

Keistimewaan dari Rawon Pak Pangat ini terletak pada empal suwirnya. Inilah yang menjadi ciri khas, sehingga orang yang pernah makan di sana, selalu terkenang akan empal suwir yang lezat ini.

Selama ini orang menikmati rawon tak bisa lepas dari empal. Sementara kebanyakan empal dari daging sapi yang dikeringkan itu cenderung alot (keras) sehingga perlu perjuangan esktra untuk melumatnya dalam mulut.

Aneka menu "Rawon Pak Pangat" ada tiga varian menu rawon yang ditawarkan. Terdiri dari Nasi Rawon Suwir (nasi putih, empal suwir, dan kuah rawon), Nasi Rawon Krengsengan (nasi putih, empal suwir, krengsengan, dan kuah rawon), dan Nasi Rawon Campur (nasi putih, empal suwir, krengsengan, bali tahu, dan kuah rawon). Sementara bagi yang menginginkan bukan rawon, tersedia menu pilihan antara lain Nasi Krengsengan dan Nasi Campur.

Sebagai pelengkap menikmati nasi rawon yang sangat maknyuz disantap panas-panas,
tersedia beberapa varian kerupuk. Selain kerupuk udang, ada pula kerupuk bulat khas Padang, dan satu lagi kerupuk khas Sidoarjo. Minumannya, terdapat pilihan antara lain es jeruk, es teh, dan sinom.

Soal tempat, sangat kondusif dan representatrif untuk makan siang, baik sendirian, bersama teman kantor, maupun beserta keluarga. Tempatnya bersih dan sangat modern.
Meja, kursi dan interiornya cukup mengasyikkan, sehingga membuat makan pun sangat nyaman. Soal harga tidak perlu khawatir kemahalan, karena di papan menu jelas tepampang, harga per porsi Rp 12.000 untuk semua menu (beritajatim.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar