Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Sabtu, 14 April 2012

Kuliner Jakarta : Kedai Ulliko






Bagi para penggila durian, pasti tak akan mau melewatkan toko yang satu ini. Beraneka ragam olahan durian disedikan di sini. Mulai dari dodol durian atau lempok, serabi dengan saus durian, sus durian, nastar durian, sampai dengan ketan siran durian. Yang dingin manis juga ada, es lilin durian atau jus durian. Penasaran?

Durian, buah yang manis legit ini memang sangat digemari oleh banyak orang termasuk saya. Tak hanya enak dimakan begitu saja, buah durian ini juga enak diolah dengan berbagai cara. Mulai dari dodol durian atau yang lebih dikenal dengan istilah lempok durian, nastar durian, sus durian, sampai dengan jus durian. Di Jakarta juga ada sebuah toko yang memang menyediakan berbagai jenis olahan durian.

Saat diberitahu seorang teman kalau di Kelapa Gading ada sebuah toko yang menyediakan beraneka ragam makanan dengan bahan dasar durian, saya lantas pergi mencari toko ini. Entah kenapa saya sedang ingin sekali makan ketan dengan siraman kuah durian yang harum legit seperti waktu di Bengkulu dulu.

Tak perlu mencari lama, 'Kedai Ulliko' langsung bisa saya jumpai. Berlokasi di Jl. Boulevard Raya QA 3 No.12 sangat mudah dicari karena lokasinya yang berada di pinggir jalan utama. Toko ini berada di sebuah ruko sederhana tidak terlalu besar. Saat masuk kedalam kedi Ulliko ini ternyata sudah banyak pengunjung. Baik yang sedang makan di tempat atau yang sedang menunggu pesanan mereka selesai di bungkus.

Wah..di tempat ini benar-benar 'surga' bagi para pecinta durian seperti saya. Semua makanan di sini berbahan dasar durian asli tidak menggunakan essens durian atau pun bahan pengawet. Melihat kue sus yang harum saya jadi tergiur, mulai dari sus durian tanpa topping, sus durian lapis cokelat dan sus durian lapis keju, ketiganya saya pesan.

Melihat meja sebelah memesan serabi durian membuat saya 'ngiler' juga. Akhirnya seporsi serabi durianpun turut saya pesan, malah ketan durian yang tidak jadi saya pesan. Di Kedai Ulliko ini memang tidak disediakan tempat duduk yang nyaman selayaknya cafe.

Hanya ada dua buah meja yang masing-masing dapat menampung tiga orang. Di meja deklat kasir ada sebuah etalse besar tempat menaruh semua jenis makanan basah sedangkan di sudut lain ada rak kayu tempat menampung semua camilan ringan.

Kue sus durian berukuran sedang, harum aroma duriannya sangat kuat. Saat dicoba, wow..isinya betul-betul terasa asli daging buah durian. Vlanya manis tak berlebihan dan sangat padat, kulitnya pun empuk! Sedangkan yang berbalut dengan keju, lebih unik lagi. Manis dan harumnya durian sangat pas saat beradu dengan gurihnya lumuran keju yang berada di luar kulit sus bagian luar. Bikin saya tak bisa berhenti mengunyah. Nyam..nyam..!

Berbeda dengan kue sus, kue serabi nya memang tidak terbuat dari durian. Tapi kuah yang melumurinya ini yang berbahan dasar durian. Setangkup serabi berwarna hijau menebarkana roma daun suji pandan, tebal dan kenyal lembut. pandannya. Kuahnya berwarna kecokelatan dan masih hangat mengepul. Saat dihirup, kuah santannya terasa manis legit beraroma gula merah dengan jejak daging buah durian yang tajam.

Sepotong es lilin rasa kacang hijau jadi penutup makan saya sore itu. Seporsi serabi durian dibandrol sebesar Rp 7.500,00 sedangkan kue sus durian dengan topping keju atau coklat Rp 6.000,00, dan kue sus durian biasa Rp 5.000,00.

Sayangnya perut saya sudah sangat kenyang, kalau tidak ketan durian dan juga jus durian pasti sudah ikut meramaikan daftar pesanan saya. Sepertinya saya harus kembali ke tempat ini untuk mencicipi menu durian lainnya.


Kedai Ulliko
Jl Boulevard Raya QA 3 No.12, Kelapa Gading
Jakarta Utara
Telpon : 021 - 4501833, 4528864

Sumber : fooddetik.com
Kuliner Jakarta : Kedai Ulliko

Tidak ada komentar:

Posting Komentar