Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Sabtu, 26 Juli 2014

Resep Menu Berbuka Puasa Kue Ku Kurma

Kue Ku Kurma

Kue yang satu ini adalah kue special yang berbahan dasar dari tepung ketan. Rasa yang khas dari kacang hijau sebagai isianya membuat Kue Kurma ini semakin legit di lidah. Sangat cocok disajikan bersama teh hangat di tengah keluarga Anda.

Bahan Kulit :
250 g tepung ketan
50 g gula pasir
garam secukupnya
250 cc santan hangat dari 1/2 butir kelapa
pewarna merah / hijau
daun pisang untuk alas
minyak goreng untuk mengoles

Bahan Isi :
150 g kacang hijau
200 g gula pasir
garam secukupnya
1/4 sendok vanili

Cara Pengolahan :
  1. Isi : Rendam kacang hijau semalaman. Keesokan harinya, rebus kacang hijau sampe 1/2 matang dan kulitnya merekah. Gosok gosok dengan sendok kayu supaya kulitnya terlepas. Tuangi air supaya kulitnya terpisah. Setelah kacang hijau terkupas bersih, kukuslah sampai matang. Haluskan, lalu campurkan dengan gula, garam dan vanili. Aduk sampai rata dan masak sampai kering. Bagi isi menjadi 12 bulata.
  2. Kue : Campur tepung, gula dan garam. Setelah itu tuangkan campuran santan yang sudah diberi warna sedikit demi sedikit sampai habis. Uleni sampai jadi adonan yang dapat di pulung.
  3. Bagi adonan kulit menjadi 12 buah. Tekan-tekan dan tipiskan hingga setebal 1/2 cm. Isilah bagian tengahnya dengan isi kacang hijau yang sudah dibulatkan. Lalu tutuplah kulitnya dan bulatkan.
  4. Masukan kedalam cetakan kue ku yang sudah ditaburi dengan sedikit tepung. Tekan kuenya sampai rata permukaannya. Ketok supaya keluar dari cetakan. Tempatkan diatas daun pisang yang sudah diolesi dengan minyak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar