Get Kuliner Indonesiaku on Google Play

Minggu, 27 Juli 2014

Resep Menu Kue Lebaran Brioche Special

Brioche Special

Ada yang mengenal Brioche ? Yah roti klasik ini berasal dari Perancis. Makanan ini berbentuk roti bulat dengan satu roti bulat kecil lagi menumpuk di puncaknya. Orang Perancis biasanya menikmati sepotong Brioche dengan secangkir teh. Namun kamu bisa membuat versi lain dengan segelas minuman dingin dan segar. Penasaran ingin membuat sendiri di rumah ? Simak resepnya berikut ya.

Bahan - bahan : 
1000 gr tepung terigu protein tinggi
30 gr ragi instan
50 gr susu bubuk
5 gr bread improver
150 gr gula pasir
15 gr garam
10 butir telur
200 ml air hangat / secukupnya
250 gram mentega
150 gram susu evaporasi

Cara Pengolahan :

  1. Ambil 2 sdm air hangat yang ada dalam resep untuk melarutkan ragi instan. Sisihkan. 
  2. Campurkan semua bahan kering, tepung, susu bubuk, bread improver, gula pasir, dan garam, aduk rata. Masukkan telur dan larutan ragi, aduk sambil tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan menyatu. Setelah agak rata tambahkan mentega dan uleni sampai kalis. Istirahatkan 10 menit dalam lemari pendingin. 
  3. Timbang adonan 40 gram dan 10 gram (berpasangan) dan bulatkan keduanya. Untuk bulatan yang besar letakkan dalam loyang yang seperti digambar dan buat lubang di tengahnya. Untuk bulatan yang kecil tancapkan dalam lubang. Gabungkan keduanya dengan cara dicubit bagian celah-celahnya agar tidak terlepas ketika fermentasi. 
  4. Olesi dengan susu evaporasi dan istirahatkan kembali kurang lebih 90 menit hingga adonan cukup mengembang. 
  5. Panggang di oven dengan suhu 180 C selama 20 menit. Setelah matang olesi permukaan brioche dengan mentega dan sajikan selagi hangat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar